Sejarah Windows

Microsoft Windows atau yang lebih dikenal dengan sebutan Windows adalah keluarga sistem operasi. yang dikembangkan oleh Microsoft, dengan menggunakan antarmuka pengguna grafis. Sistem operasi Windows telah berevolusi dari MS-DOS, sebuah sistem operasi yang berbasis modus teks dan command-line

Windows versi pertama keluar pada tahun 1980-an. Dan langsung menuai sukses sehingga perusahaan yang didirikan oleh Bill gates tersebut terus menumpuk pundi-pundi kekayaan.

  1. Windows 1
    Versi pertama Microsoft Windows punya interface warna 16 bit dan ukurannya kurang dari 1MB. Beberapa program dasar yang ada di Windows masa kini sudah terdapat di Windows 1 yang dirilis tahun 1985 ini.

    Windows 1

    Windows 1

    Misalnya saja program Paint, Notepad, Clipboard dan pemroses kata bernama Write yang mirip dengan Notepad. Juga terdapat jam, kalender, control panel dan game bernama Reversi.

  2. Windows 2
    Windows 2 diperkenalkan Microsoft pada tahun 1987 sebagai kelanjutan dari Windows 1. Versi ini menandai debut aplikasi Excel dan Word yang membuatnya sukses di pasaran.
    win2
    Pembaharuan lainnya seperti grafis VGA. Windows 2 juga merupakan versi Windows terakhir yang bisa dijalankan dari sistem floopy disk dan tidak membutuhkan hardisk.
  3. Windows 3
    Microsoft melakukan berbagai pembaharuan dalam rilis versi Windows 3 pada bulan Mei 1990. Banyak pihak menilai grafis dan interface di Windows 3 adalah yang pertama kali mampu menandingi Apple Macintosh.
    win3
    Sistem Windows 3 termasuk File Manager dan Program Manager yang juga ada di versi modern Windows. Ekstensi multimedia tersedia di drive CD ROM dan sound card.
  4. Windows NT
    Windows NT 3.5 adalah rilis kedua dari Microsoft Windows NT sistem operasi.. Ini dirilis pada 21 September 1994. . Salah satu tujuan utama selama Windows NT 3.5 ‘s pembangunan adalah untuk meningkatkan kecepatan sistem operasi; sebagai akibatnya, proyek ini diberi nama kode “Daytona” dalam kaitannya dengan sang Daytona International Speedway di Daytona Beach

    windows NT

    windows NT

  5. Windows 95
    Berkode nama Chicago, Windows 95 memiliki support user interface full grafis. Windows 95 juga punya dukungan akses internet built in, plug and play untuk memudahkan install hardware serta software baru dan kemampuan untuk switch antara 32 bit dan 16 bit.

    win95

    win95

    Terdapat 5 versi Windows 95. Versi ini termasuk yang paling sukses di pasaran dalam sejarah sistem operasi Microsoft.

  6. Windows 98
    Windows 98 yang berkode nama Memphis dideskripsikan sebagai sistem operasi “Works Better, Plays Better“. Didesain khususnya untuk pasar konsumer, Windows 98 punya web browser terintegrasi Internet Explorer.

    win98

    win98

    Selain Internet Explorer, Windows 98 juga punya aplikasi berlimpah. Seperti Outlook Express, Windows Address Book, FrontPage Express, Microsoft Chat, Personal Web Server dan Web Publishing Wizard

  7. Windows 2000
    Windows 2000 Professional didesain sebagai alternatif bisnis Windows 95, 98, dan NT Workstation 4.0. Versi ini dirancang mudah digunakan, punya kompabilitas internet dan support mobile computing.

    win2000

    win2000

    Windows 2000 yang diluncurkan untuk merayakan pergantian milenium ini dirancang untuk digunakan di bagi komputer personal, dekstop bisnis, laptop dan server. Microsoft memperkenalkannya pada akhir tahun 1999.

  8. Windows ME
    Windows ME adalah suksesor Windows 98. Versi ini ditargetkan terutama untuk pengguna PC rumahan. Windows ME antara lain punya browser Internet Explorer 5.5, dan Windows Media Player 7.

    winME

    winME

    Juga ada aplikasi bernama Windows Movie Maker. Software ini memungkinkan pengguna mengedit video dan didesain mudah digunakan.

  9. Windows XP
    Diluncurkan pada tahun 2001, Windows XP adalah salah satu produk paling sukses dalam sejarah Microsoft. Sampai sekarang pun masih banyak yang masih menggunakannya meski usianya sudah terbilang uzur.

    winXP

    winXP

    Windows XP menampilkan desain yang fresh dibanding para pendahulunya. Selain itu juga mudah digunakan sehingga membuatnya jadi favorit.

  10. Windows Vista
    Dikenal dengan kode nama Longhorn, Windows Vista mulai dipasarkan pada awal tahun 2007. Jarak peluncuran antara Windows XP dan Windows Vista adalah yang terlama dalam sejarah update OS Microsoft, lebih dari lima tahun.

    Longhorn

    Longhorn

    Meski cukup sukses di pasaran, Windows Vista banyak kena kritik. Misalnya OS ini kurang kompatibel dengan berbagai macam software dan hardware.

  11. Windows 7
    Windows 7 mulai dipasarkan pada Oktober 2009. Kurang dari tiga tahun sesudah peluncuran Windows Vista yang dinilai sebagai produk kurang menarik.

    seven

    seven

    Selain digunakan di PC, Windows 7 juga cukup banyak dipakai sebagai OS komputer tablet. Namun banyak yang menganggap kurang cocok menjadi platform tablet sehingga tablet Windows 7 kurang bergaung di pasar.

  12. Windows 8

    Windows 8 adalah nama kode untuk versi selanjutnya dari Microsoft Windows, serangkaian sistem operasi yang diproduksi oleh Microsoft untuk digunakan pada komputer pribadi, termasuk komputer rumah dan bisnis, laptop, netbook, tablet PC, server, dan PC pusat media.

    Sistem operasi ini menggunakan mikroprosesor ARM selain mikroprosesor x86 tradisional buatan Intel dan AMD. Antarmuka penggunanya diubah agar mampu digunakan pada peralatan layar sentuh selain mouse dan keyboard. Sehingga Windows 8 di desain untuk perangkat Tablet sentuh.

    17 September 2011 08.24

    17 September 2011 08.24

    24 November 2011 06.09

    24 November 2011 06.09

    25 April 2012 14.43

    25 April 2012 14.43 (consumer preview)

    3 Oktober 2012 07.45

    3 Oktober 2012 07.45

Videonya

Sumber:
satu
dua
tiga
empat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s