Sejarah Macintosh / MAC

Macintosh, atau disingkat Mac, adalah salah satu jenis komputer personal berbasis PowerPC yang diproduksi oleh Apple. Komputer ini dinamakan berdasarkan McIntosh, jenis apel yang disukai Jef Raskin. Macintosh diperkenalkan pertama kali pada bulan Januari 1984 lewat iklan Super Bowl yang fenomenal. Macintosh adalah komputer pertama yang memperkenalkan sistem antarmuka grafis (GUI). Pada waktu itu, langkah yang dilakukan Apple adalah sebuah perkembangan revolusioner dalam dunia komputer personal.

Pembuatan Mac merupakan suatu wujud model integrasi vertikal yang mana Apple memfasilitasi seluruh aspek perangkat keras dan juga sistem operasinya yang terinstal di dalam seluruh komputer Mac. Hal ini berbeda dengan komputer tipe PC pada umumnya, di mana banyak produsen membuat dan mengintegrasikan perangkat keras dengan sistem operasi yang dibuat oleh produsen lain. Sementara itu, Apple secara eksklusif membuat perangkat keras Mac dan mengatur bagaimana sistem internalnya, desain, dan juga harganya. Tidak hanya itu, Apple juga tidak melisensikan Mac OS X untuk komputer non-Apple.

System 0.0 – 1.1, 24 Januari 1984

Mac OS pertama dirilis, dengan nama System 1. Apple membuat OS ini sebagai satu-satunya OS di masa itu sepenuhnya GUI. Sejak saat itu, GUI menjadi pionir akan perkembangan OS lain.

System versi 2.0 – 5.x, 1985 – 1987

Satu-satunya fitur baru terkenal adalah MultiFinder, yang memungkinkan lebih dari satu aplikasi yang akan terbuka sekaligus, sehingga apa yang dikenal sebagai “koperasi” multitasking yang bertentangan dengan metode konvensional hanya membuka satu program pada satu waktu. Single-Task Finder masih ditawarkan bagi mereka yang lebih suka itu.

System 6, diperkenalkan pada tahun 1988

13 Mei 1991

System 7 dirilis. System 7 ini adalah salah satu OS dari Apple yang memiliki masa pakai cukup lama, dari 1991 sampai 1997. System 7 adalah terobosan pertama dalam beberapa revisi dan penambahan fitur yang besar. Ini adalah versi pertama Mac OS dengan warna titlebars / scrollbars. Ini benar-benar membuang proses jadul single-process finder dan membuat MultiFinder Finder. OS ini juga menggunakan ikon 256-warna yang lebih bagus, serta dukungan untuk lebih multimedia dengan dukungan Quicktime dan meningkatkan konektivitas internet.

System 7.5 diperkenalkan pada tahun 1994

System 7.5 sebagian besar sama dengan 7, tetapi memiliki sejumlah perbaikan, yaitu stabilitas dan konektivitas internet. AppleTalk juga diperkenalkan di 7.5. System 7.5.3, untuk meng-update 7.5, adalah OS pertama yang dirujuk sebagai “Mac OS”, bukannya “System” di beberapa tempat, terutama pada layar startup.

Januari 1997

Mac OS 7.6 dirilis. OS ini adalah Mac pertama yang menggunakan nama Mac di depannya setelah sebelumnya hanya “System” dan angka rilis. System 7.6 adalah sistem pertama disebut sebagai Mac OS di layar startup. Itu merupakan beberapa fitur kecil, tapi sebagian besar sama dengan 7.5. System 7.6.1 memasukkan interface baru “Platinum”, yang dicangkokkan pada proyek dari Apple Copland.

22 Juli 1997

Mac OS 8 dirilis, cukup singkat antara versi 7.6 dan 8 ini. Di versi ini juga sebagai penanda akan kembalinya Steve Jobs di Apple setelah sebelumnya dia dipecat. Mac OS 8 terjual sebanyak 3 juta kopi dalam enam bulan saja. Mac OS 8 adalah sistem pertama yang secara global disebut sebagai Mac OS. Terdapat perbaikan di banyak bidang, terutama dalam konektivitas internet dan multimedia. OS ini juga memakai interface ikon baru Platinum, yang diambil dari proyek next-generation Apple OS yang gagal, yang dinamakan Copland. Update baru, Mac OS 8.1, memperkenalkan perbaikan filesystem HFS + dan memiliki installer yang user-friendly. Ini adalah rilis pertama dari Mac OS untuk bundel Microsoft Internet Explorer, yang akan terus dibundel sampai Mac OS X 10.3.

Mac OS 8.5, diperkenalkan pada tahun 1998

Mac OS 8 ditingkatkan di hampir semua bidang. Ini termasuk perbaikan ikon 32-bit platinum dan sistem tema baru yang memungkinkan pengguna untuk memilih interface yang disukainya, dan juga termasuk Sherlock, sebuah program untuk mencari di internet dan file lokal. Ini adalah rilis pertama dari Mac OS yang tidak mendukung Mac 68k.

23 Oktober 1999

Mac OS 9 dirilis. Mac ini dipandang oleh Apple sebagai OS transisi dari versi 8 ke versi OS X. Mac OS 9 adalah Mac OS 8.6 dengan beberapa perbaikan bug dan Sherlock 2. Sementara kemampuan tema masih ada, semua tema selain Platinum dipindahkan dari instalasi default. Ini adalah versi Mac OS yang pertama kali dirilis untuk mendukung beberapa pengguna.

Mac OS X Public Beta diperkenalkan pada tahun 2000

Mac OS X Public Beta merupakan tempat menguji Apple OS yang terbaru, yang disebut Mac OS X, yang didasarkan pada NeXTSTEP, sebuah sistem operasi yang diproduksi oleh perusahaan NeXT yang baru-baru ini dibeli Apple. OS ini menggunakan GUI baru dijuluki “Aqua” dan disertai dengan banyak fitur yang ada di Mac OS rilis sebelumnya. Mac OS X bekerja di atas sebuah varian UNIX BSD disebut Darwin daripada core klasik Mac OS. Karena dasar UNIX ini, hal itu memperbolehkan Mac OS untuk memiliki multitasking sejati untuk pertama kalinya. Karena OS ini beta, OS ini bermasalah dan agak tidak stabil.

24 Maret 2000

Versi terpopuler Mac diluncurkan. Mac kali ini bernama Mac OS X. Mac versi ini membawa perubahan desain besar, utamanya adalah apa yang dikenal dengan Aqua, tampilan khas Mac yang membuat Mac terlihat semakin elegan dan modern. Versi ini juga debut dari aplikasi terpopuler Mac, yaitu Dock. Kode nama Mac OS X ini adalah Cheetah.  Mac OS X 10.0 adalah rilis resmi pertama dari Mac OS X. Berubah banyak hal dari OS X Public Beta dan ditambahkan/diubah banyak fitur sebagaimana yang diminta oleh para pengguna Public Beta. Walaupun masih bermasalah, OS ini jauh lebih stabil daripada versi beta.

Mac OS X 10.1 “Puma”, diperkenalkan pada tahun 2001
Mac OS X 10.1 merupakan suatu rilis bugfix, tetapi Apple berhasil untuk menambahkan beberapa fitur kecil seperti posisi docking. Ini adalah upgrade gratis bagi siapa saja yang membeli Mac OS X 10.0

23 Agustus 2002.

Mac OS X 10.2 dirilis. Kode nama kali ini adalah Jaguar. Mac OS X 10.2 adalah update besar-besaran, yang memperbaiki ratusan minor bugs, sangat meningkatkan stabilitas, dan umumnya mempercepat seluruh sistem. Aqua menerima makeover kecil di dalamnya, dan beberapa fitur ditambahkan. Kebanyakan menganggap Mac OS X 10.2 sebagai rilis pertama dari OS X yang benar-benar dapat digunakan. Mac OS X 10.2 akan menjadi Mac OS yang terakhir untuk menggunakan Microsoft Internet Explorer sebagai browser default.

https://i2.wp.com/farm5.staticflickr.com/4022/4328920614_ec52b80ed1_z.jpg

Mac OS X 10.3 “Panther”, diperkenalkan pada tahun 2004

Mac OS X 10.3 adalah update yang luar biasa; Banyak memandangnya sebagai upgrade yang paling signifikan ke OS X sampai saat ini. OS ini memakai banyak fitur yang berguna seperti Expose, FileVault, Fast User Switching, iChat AV, dan Finder yang diupdate. Ini juga merupakan update besar untuk Aqua, memberikan yang jauh lebih halus. Versi akan menjadi Mac OS yang terakhir untuk bundel Microsoft Internet Explorer.

https://i1.wp.com/www.chaosmint.com/macintosh/moxiepix/b1_49.jpg

29 April 2005

Mac OS X 10.4 atau dengan kode nama Tiger dirilis. Tiger adalah versi Mac yang sangat ditunggu kedatangannya dan populer. Buktinya adalah terjualnya sebanyak 2 juta kopi dalam jangka enam minggu saja. Tiger juga menjadi Mac pertama dengan menggunakan Intel setelah sebelumnya menggunakan PowerPC. Mac OS X 10.4 memakai fitur-fitur baru seperti Dashboard, Core Image, Safari 2.0, dan all improved Mail. Mayoritas perubahan yang “Under the Hood”, membersihkan, mempercepat, dan memperbaiki hampir setengah dari kerangka yang mendasarinya. Salah satu upgrade yang terlihat besar adalah Spotlight, sebuah alat pencarian baru yang revolusioner yang mencari melalui bagian dalam file dan metadata mereka secara sangat cepat, sebagai lawan pencarian nama file ortodoks. Aqua juga menerima update kecil dalam rilis ini. OS ini akan menjadi Mac OS X yang pertama dirilis publik yang memiliki varian x86 (Intel).

26 Oktober 2007

Mac OS X 10.5 atau versi Leopard dirilis. Selain itu ada beberapa perubahan di Leopard ini, yaitu Cover Flow di Finder, dan fitur yang menjadi jualan utama, yaitu Time Machine. OS ini disebut oleh Apple “update terbesar dari Mac OS X”. Ini membawa lebih dari 300 fitur baru. Leopard mendukung PowerPC-dan Intel x86 berbasis komputer Macintosh, tetapi dukungan untuk prosesor G3 dilepas dan diperlukan prosesor G4 minimum tingkat clock 867 MHz, dan setidaknya 512 MB RAM yang akan diinstal.

Mac OS X v10.6 “Snow Leopard”, dirilis pada 28 Agustus 2009

Daripada memberikan perubahan besar tampilan dan fungsionalitas pengguna akhir seperti rilis sebelumnya Mac OS X, Snow Leopard berfokus pada perubahan “Under the Hood”, meningkatkan kinerja, efisiensi, dan stabilitas sistem operasi. Untuk kebanyakan pengguna, perubahan yang paling terlihat adalah: ruang disk yang membebaskan sistem operasi setelah menginstal yang bersih dibandingkan dengan Mac OS X 10.5 Leopard, Finder yang lebih responsif, Time Machine backup yang lebih cepat, lebih dapat diandalkan dan user friendly disc-ejects, versi yang lebih kuat dari aplikasi “Preview”, serta browser web Safari yang lebih cepat.

20 Juni 2011

Mac OS X 10.7 dirilis. Kode nama untuk Mac ini adalah Lion. Selain itu ada integrasi yang lebih baik antara iOS dan Mac. Selain itu, Lion menjadi Mac pertama yang bisa diunduh di App Store seharga $29. Fitur yang ada di Lion ada sekitar 250 fitur baru dan diperbarui.

16 Februari 2012

Mac OS X 10.8 diumumkan. Kode nama kali ini adalah Mountain Lion. Beberapa fitur yang ada di sini adalah adanya iMessage, lalu integrasi dengan Twitter dan dukungan lebih baik terhadap iCloud.

Sumber:

satu

dua

tiga

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s